TANGERANG SELATAN– Pendidikan adalah salah bentuk perwujudan dari kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan, oleh karena itu perubahan atau perkembangan pendidikan merupakan hal yang memang seharusnya terjadi seirama dengan perubahan kehidupan manusia (Trianto, 2012:1). Sistem pendidikan yang baik diharapkan mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menempatkan diri dan mampu bersaing. Melalui penguatan di bidang pendidikan tentunya suatu bangsa dapat mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain, baik dalam bidang sains dan teknologi maupun perekonomian.

Sadar akan pentingnya perkembangan media komunikasi dalam dunia pendidikan, mahasiswa Program Studi (Prodi) Magister Teknik Informatika Universitas Pamulang, dibantu dan dibimbing langsung oleh dosen-dosen yang profesional. Menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di MTs Al – Ihsan Pamulang berlokasi di jalan bambu apus raya, komplek departemen agama bambu apus – Pamulang, Tangerang Selatan, Banten yang berlangsung pada 6 Januari 2022. 

Kegiatan yang menghadirkan 4 dosen profesional diantaranya Dr. Ir. Agung Budi Susanto, M.M. sebagai ketua pengabdi serta Dr. Abu Khalid Rivai, M.Eng, sebagai dosen pembimbing, Dr. Hendri Firman Windarto, M.Eng dan Dr. Drs. Ferhat Aziz, M.Sc serta tiga mahasiswa diantaranya Wahid Anissudin, Mochamad Falah, dan Andre Gesta. Memberikan pemaparan bertema “Pemanfaatan Internet Dalam Pembuatan Desain Pada  MTs Al- Ihsan Pamulang

” kegiatan yang dilakukan yakni untuk memberikan pengenalan aplikasi CANVA untuk melakukan desain. 

Dengan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa UNPAM selain untuk para siswa dan siswi mendapatkan pengetahuan serta mendapatkan pengalaman menggunakan aplikasi CANVA untuk keperluan desain powerpoint, brosur ataupun pamflet, kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu para guru dan wali murid memudahkan pembuatan powerpoint pengajaran agar lebih menarik bagi siswa dan siswi, sehingga siswa dan siswi lebih antusias dengan materi yang disampaikan oleh para guru.

Sementara itu, Dr. Ir. Agung Budi Susanto, M.M, selaku Ketua Pelaksana PKM mengucapkan terima kasih kepada MTs Al – Ihsan Pamulang yang telah memberikan kesempatan untuk bisa melaksanakan kegiatan tersebut. “Terima kasih banyak yang sebesar-besarnya kepada MTs Al – Ihsan Pamulange yang telah bersedia memberikan kesempatan, mengizinkan serta memfasilitasi kami Mahasiswa Universitas Pamulang prodi Magister Teknik Informatika untuk melaksanakan kegiatan PKM di MTs Al – Ihsan Pamulang, semoga kerjasama ini terus berlanjut dan terjalin dengan baik,” ujarnya.

Kegiatan ini berhasil dilaksanakan, antusias para siswa siswi di MTs Al – Ihsan Pamulang ketika mendapatkan pengetahuan mengenai manfaat aplikasi CANVA, bahkan ada perwakilan dari siswa dan siswi untuk langsung mencoba sendiri menggunakan CANVA secara langsung untuk membuat beberapa slide powertpoint menggunakan CANVA. Hal ini membuat bangkitnya semangat para guru untuk membangun generasi penerus yang hebat dan melek akan perkembangan teknologi yang terus meningkat untuk membantu mempermudah dalam proses pencatatan pelaporan keuangan di masa yang akan datang. Semangat para siswa dan siswi pun tidak mau kalah dari para guru, karena dengan adanya CANVA, siswa dan siswi dapat memberikan powerpoint yang menarik ketika ada tugas presentasi dari para guru.